Makanan Pemicu dan Pereda Stres

Makanan pereda dan pemicu stres

Bagi banyak orang, makanan yang bernutrisi merupakan makanan yang baik untuk kesehatan kita, terutama kesehatan fisik. Sebenarnya makanan bernutrisi juga dapat mempengaruhi kesehatan psikologi seseorang.

Selama ini, banyak orang, banyak orang yang menganggap bahwa stres diakibatkan oleh adanya masalah dalam pekerjaan ataupun hidup. Namun, banyak orang tidak mengetahui bahwa beberapa nutrisi pada makanan yang di konsumsi menjadi salahsatu penyebab seseorang bisa mengalami stres.

Makanan yang memiliki kadar garam dan lemak yang tinggi dapat memicu produksi hormon kortisol. Hormom kortisol ini dapat mengahambat kerja serotin yang berfungsi sebagai penenang dan pengontrol rasa gelisah, sehingga dikatakam kerja serotin dapat mempengaruhi suasana hati kita.

Selain menghambat kerja serotonin, hormon kortisol memiliki efek terhadap pelepasan hormon neuropeptide Y dan galanin, yang dapat mengakibatkan orang ingin mengonsumsi makanan manis dan berlemak, sehingga orang akan memiliki rasa badmood.

Beberapa makanan yang dapat memicu stres dan meredam stres, dimana makanan pemicu tersebut mengandung kadar garam dan lemak yang tinggi antara lain adalah sebagai berikut:

  • Makanan siap saji, seperti nugget, bakso, sosis
  • Makanan kaleng olahan
  • Makanan mengandung karbohidrat sederhana, seperti roti atau mie instan
  • Makanan mengandung lemak trans.
Selain makanan, ada beberapa minuman yang juga menyebabkan stres yaitu minuman beralkohol, minuman berkafein tinggi seperti kopi. Diharapkan orang yang terbiasa minum minuman tersebut dapat menghindarinya, karena dapat menyebabkan kalian  stres.
Jika ada makanan yang menyebabkan stres maka ada pula makanan yang dapat membantu meredakan stres. Makanan jenis ini adalah makanan yang memiliki kandungan nutrisi sebagai berikut:
  1.  Vitamin B, terdapat pada buah alpukat, buah pisang, ikan tuna, ikan salmon, ikan sarden, susu, dan yogurt
  2. Asam folat, terdapat pada oatmeal, buah jeruk atau asparagus
  3. Magnesium, terdapat pada sayur bayam, tofu, dan kacang almond. Makanan tersebut dapat membantu tubuh memproduksi dopamin, yang dapat membantu anda tidur nyenyak
  4. Vitamin C, terdapat pada buah-buahan seperti kiwi, stroberi, jeruk
Nah itu tadi informasi yang bisa saya berikan kepada kalian, semoga apa yang saya sampaikan bisa bermanfaat untuk keberlangsungan kita dalam sehari-hari. Jangan lupa stay terus di Zueiii untuk bisa mendapatkan informasi lebih banyak lagi.

Belum ada Komentar untuk "Makanan Pemicu dan Pereda Stres"

Posting Komentar

Silahkan berkomentar dengan menggunakan kata-kata yang sopan dan tidak mengandung unsur SARA.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel